Pages

Senin, 22 Maret 2010

Menyiapkan diri untuk membaca (prepare yourself to read)

Menyiapkan diri untuk membaca, sebelum menyiapkan diri untuk membaca atau wacana sebaiknya kita mengetahui langkah-langkah yang efisien dan efektif untuk pembacaan tersebut yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan materi bacaan. Kita dapat melakukan langkah sebagai berikut:

  • survai, maksudnya adalah mendapatkan garis besar materi yang akan kita baca, dengan cara periksa apakah ada rangkuman atau kesimpulan materi bacaan itu. Jika ada lebih dahulu baca rangkuman atau kesimpulan tersebut agar dapat mengenali materi yang akan kita baca. Setelah selesai kita dapat memutuskan apakah perlu atau tidak membaca materi tersesbut untuk kita baca lebih mendalam.
  • preview, pada saat melakukan preview sebaiknya kita mengecek bagian awal dan ahkir setiap bab, sub-bab dan paragraf. Selama tahap ini, tandailah jumlah bacaan yang harus selesai kita baca dalam tempo yang telah kita tetapkan sebelumnya, juga tandailah halaman yang perlu kita jadikan rujukan untuk memahami bagia-bagian dari bacaan atau teks tersebut. Setelah melakukan preview, kita dapat mengetahui apakah materi bacaan itu dapat menjawab atau memenuhi maksud dan sasaran kita sehingga kita dapat memutuskan untuk menelaah lebih jauh atau mengesampingkannya.
  • pendalaman, selama melakukan pendalaman dan telah kita telaah yang lebih mendalam untuk mendapatkan jawaban pertanyaan kita, kita musti menandai dengan pensil atau alat yang lainya kalimat-kalimat atau alinea yang akan kita baca ulang nanti, misalnya karena kaliamt-kalimat atau alinea itu mengandung makana penting atau sulit dipahami.
  • review, pada tahap ini kita musti mengetahui apakah maksud dan sasaran kita telah terpenuhi dengan jalan menelaah kembali materi yang sudah kita baca. Buatlah catatan-catatan yang tujuan ahkirnya adalah untuk mendapatkan atau menyerap pengetahuan baru dan meningkatkankan kecepatan dalam kita membaca yang selanjutnya, berdampak positif terhadap kemampuan baca kita.


disamping pendekatan di atas ada beberapa petunjuk yang berguna untuk meningkatkan mutu baca kita secara keseluruhan yaitu:
  1. Kecepatan, sebelum membaca pandahlah sekilas dan cepat lembar bacaan, dengan begitu mata kita akan terbiasa membaca dengan cepat.
  2. Temperatur, suhu udara agak lebih dingin lebih baik daripada udara yang agak panas bila kita hendak membaca.
  3. Lingkungan, pastikan lingkungan sekeliling kita cukup menyenangkan, tapi jangan terlalu nyaman serta jauhilah dari benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian dari kegiatan membaca kita.
  4. Istirahat, setelah membaca selang waktu tertentu alihkan penglihatan kita dari halaman buku dan fokuskan kepada objek-objek yang jauh dari mata kita. Ddengan cara ini, otot mata kita bisa santai dan istirahat sebelum melanjutkan pembacaan.
  5. Visualisasi, sewaktu-waktu berhentilah membaca, tutup mata kita dan cobalah membayangkan suatu halaman bacaan, suatu gambar atau grafik yang baru saja kita pandang. Disamping itu sangat bermanfaat untuk mengistirahatkan mata dan penglihatan kita, langkah ini mungkin sangat bermanfaat untuk melatih daya ingat serta melatih daya imajinasi kita.
  6. Postur tubuh, saat membaca, postur tubuh kita sebaiknya tegak tetapi jangan kaku atau tegang. Jika tubuh sudah benar posturnya dan jika tinggi bangku atau meja sudah tepat, maka jarak yang ideal antara mata dan halamn buku antara 15 hingga 25 inci.
setelah membaca bab yang telah kita pelajari catat waktu yang kita butuhkan untuk meyelesaikan membaca dan hitung kecepatan baca kita per menit. Kemudian catatlah semua kata-kata kunci yang dapat kita ingat.

Share |

0 komentar: