Pages

Selasa, 16 Februari 2010

Perawatan Mata Kita

Perawatan Mata dan pemeliharaan mata sangat penting kita lakukan apabila kita sedang melakuklan pengamatan (observasi), ataupun dalam proses kegiatan belajar. Perawatan mata dalam hal ini dapat kita lakukan dengan berbagai macam langkah-langkah diantaranya:
  • Pengedipan kebanyakan orang menjadi "tegang" ketika harus membaca lama atau memusatkan perhatian kepada suatu objek. akibatnya, kita cenderung lupa berkedip. Ini membuat mata menjadi letih dan tegang, bola mata kurang mendapat pelumas dan aliran darah ke dalam mata tidak lancar. Oleh karena itu, ketika kita mengkonsentrasikan penglihatan dan pikiran kita pada suatu objek, pastikan mata kita berkedip secara teratur sementara penglihatan dan pikiran dikonsentrasikan.
  • Menutup mata dengan telapak tangan bila mata dituntut bekerja lama, cobalah beristirahat sebentar dan tutup kedua mata kita denagan kedua telapak tangan. Telapak tangan ini tidak boleh menyentuh bola mata. Selama beristirahat ini akan bermanfaat bila kita membayangkan diri kita sedang melihat benda hitam atau gelap sekali, karena dengan bayangan demikian membuat mata kita menghentikan segala proses visual (mata beristirahat tota).
  • Mengatur pernafasan sama halnya dengan pengedipan mata, pernafasan juga cenderung "tertahan" saat kita memfokuskan penglihatan dan perhatian kita. Keadaan ini otomatis menimbulkan ketegangan -ketegangan pada bagian tubuh lainya. oleh karena itu, jika kita mengkonsentrasikan pikiran dan pelihatan kita dalam waktu lama, cobalah tetep bernafas secara teratur dan santai.
  • Bagi yang memakai kacamata adalah sama dan selanjutnya berlaku untuk semua orang baik yang memakai kacamata atau tidak memakai kacamata, selain itu juga kacamata yang selalu bersih juga akan banyak menolong dan jangan lupa memeriksakan mata anda secara teratur pada dokter ahli mata.
  • Cahaya cahaya siang hari merupakan cahaya terbaik bagi kita untuk melakukan pengamatan (observasi). dari semua cahaya buatan manusia, yang paling buruk adalah cahaya fluoresensi, karena cahaya ini cenderung mengaburkan kontras warna, fluoresensi merupakan pemancaran sinar oleh atom atau molekul setelah terlebih dahulu disinari.
Semua hal diatas semoga dapat membantu kita dalam meningkatkann kemampuan penglihatan, membaca serta perawatan mata kita.

Share |

0 komentar: