Pages

Kamis, 18 Maret 2010

Makna hati yang bersih

Makna hati yang bersih, pada dasarnya manusia tentulah menyukai hati yang bersih dan merindukan suatu keindahan. Banyak orang menganggap keindahan adalah pangkal dari pujian dan harga. Maka tidaklah heran jika banyak orang bahkan mencarinya, ada yang nekad mencari hingga beratus-ratus bahkan beribu kilometer semata hanya untuk menikmati suasana yang indah dan nyaman. Bahkan orang rela berlatih mengolah jasmani setiap saat karena sangat ingin memilikitubuh indah, tak sedikit juga orang berani membelanjakan uangnya karena sangat rindu memiliki rumah atau kendaraan mewah sebagai salah satu wujud keindahan menurut mereka.

Akan tetapi, kita juga menyaksikan orang-orang yang memiliki pakaian dan penampilan mahal dan indah tapi tenyata yang mereka terima bukan penghargaan, melainkan justru penghinaan. Misalnya wanita yang tidak malu-malu menjual aurat bahkan harga diri untuk mendapatkan sesuap nasi dan nafsu pribadi. Ada juga orang yang memiliki rumah megah dan mewah, tetapi bukan mendapatkan pujian tapi malah mendapatkan hinaan dan cacian, mungkin uang yang dipakai untuk membeli rumah itu adalah hasil korupsi.

Mengapa keindahan yang tadinya disangka akan menggangkat derajat kemuliaan malah sebaliknya, bukankah kunci keindahan yang sesungguhnya adalah jika seseorang merawat serta memperhatikan keindahan serta kecantikan hati. karena kindahan hati adalah kemuliaan yang sebenarnya.

"ingatlah dalam tubuh manusia itu ada segumpal daging. Kalau segumpal daging itu baik maka akan baiklah seluruh tubuhnya. Tetapi, bila rusak, niscaya akan rusak pula seluruh tubuhnya. Segumpal daging itu bernama hati"

Boleh saja kita memakai yang indah-indah. Namun tidak akan berarti kalau kita memiliki hati yang indah dan bersih. karenanya jangan terpedaya oleh keindahan dunia semata, seseorang yang memiliki hati sehat tak ubanya memiliki tubuh yang sehat. Ia akan berfungsi optimaldan mampu memilih dan melilah setiap rencana atas suatu tindakan, sehingga setiap rencana atas suatu tindakan yang diperbuatnya benar-benar sudah berdasarkan hati nurani yang bersih.

Share |

0 komentar: