Pages

Kamis, 25 Maret 2010

Mempersiapkan diri mengingat (preparing myself to remember)

Mempersiapkan diri mengingat, perlu disadari bahwa mempersiapkan diri untuk mengingat. Bahwa memori kita bila dipelihara dengan baik, akan makin bagus dengan bertambahnya usia kita. Sebab pikiran atau otak kita perlu mendapatkan rangsangan secara teratur dan kontiyu, serta melatih daya tampung dan daya panggil secara lebih intensif hal tersebut dapat dicapai dengan cara salah satunya sebagai berikut:
  1. memulai suatu perencanaan untuk mempelajari subjek dan bahasa baru untuk meningkatkan store (simpanan memori kita).
  2. meningkatkan aktivitas-aktivitas, yang mampu menurut pengalaman kita dapat membantu kita dalam mengingat.
  3. mengerahkan perhatian terhadap mimpi kita dengan mengecek lebih teliti image yang sudah kita lupakan sebelumnya.
  4. berusaha mengenang suatu masa dalam kehidupan kita di masa lampau dengan menelusuri semua unsur kehidupan kita pada masa itu.
  5. menyusun catatan harian (diary) yang memakai kata-kata kunci, gambar khusus, untuk mengingat dan juga untuk latihan.
  6. mengatur jadwal belajar kita sedemikian rupa untuk mengurangi kejenuhan kita.
  7. kaji ulang untuk memastikan bahwa daya kaji ulang kita bekerja dengan baik sebelum hal-hal yang ingin kita ingat mulai menghilang dari otak kita.
jika kita melakukan langkah-langkah seperti diatas dan tetap mengingatkan diri untuk mengingat secara teratur maka pikiran dan memori kita akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia kita. Adanya pemikiran bahwa proses belajar telah berakhir setelah dapat mencapai gelar di perguruan tinggi dan universitas . Pemikiran itu salah, pada kenyataannya manusia akan dituntut untuk belajar sepuluh kali lebih banyak setelah lulus dari perguruan tinggi supaya dapat mengerjakan pekerjaaan dan tidak tertinggal oleh pergerakan informasi di zaman sekarang.
Oleh karena itu perlu juga kemapuan dalam berpikir, Pepatah lama yang menyatakan bahwa,” Kemakmuran Hanya Sejauh Mata Memandang” adalah benar. Namun hanya bagi mereka yang berpikir dengan benar. Kadang kita dijejali banyaknya infomasi, tetapi secara mental kita tetap statis, tidak berpikir akan keadaan yang ada. Untuk itu perlunya kita memancing proses berpikir, yang pertama kali dilakukan adalah memanaskan pikiran tanpa peduli kosong atau tanpa inspirasinya pikiran kita. Kebanyakan orang tidak berpikir bahawa mereka memiliki otak yang cemerlang, mereka hanya memiliki sedikit akal sehat dan hanya melakukan pemikiran sederhana.
Nah, Sekarang sudahkah kita berpikir dengan baik.

Share |

0 komentar: