Pages

Selasa, 27 Juli 2010

Potensi Kemampuan Pendengaran Kita

Potensi kemampuan pendengaran kita. Telingga kita mempunyai kemampuan yang luar biasa, telingga dapat membedakan jutaan nuansa bunyi. pendengaran tampaknya jauh lebih rumit dari yang kita bayangkan selama ini, dan selain itu juga pendegaran juga merupakan salah satu unsur pokok dalam pembentukan atau pengembangan daya imajinasi dan kreativitas. Mengapa kita mempunyai masalah pendengaran yang sangat burukdan bagaimanakah cara memperbaikidan memanfaatkanya untuk meningkatkan indera-indera yang lain?
masalah-masalah konsentrasi pendengaran
masalah yang kita hadapi dalam pemusatan pendengaran kita adalah antara lain:
  • masalah fisik
  • masalah distraksi
  • masalah bosan atau jemu
  • masalah lupa akan hal yang sudah didengar sebelumnya
  • masalah bunyi-bunyi yang sama

masalah fisik
kecuali jika telingga kita mengalami gangguan akibat penyakit, hampir semua jenis kemerosotan kemampuan pendengaran kita diakibatkan oleh buruknya cara kita memelihara dan merawat alat pendengarn. Telingga kita ibarat alat musik yang canggih oleh sebab itu kita harus menjaga dari lingkungan dan kehidupan sehari-hari, seringkali ltelingga kita terganggu oleh suara bising yang inhtensitasnya melampaui batas toleransi kebisingan. bila hal tersebut terjadi jauhkan telinga kita dari tempat tersebut. jika telinga dirawat dengat telaten maka pertambahan usia tidak akan menimbulkan kemerosotan kemampuan mendengar.
masalah distraksi
distraksipendengaran atauteralihnya pendengaran kita biasanya dikarenakanadanya dua sumber utama yakni lingkungan dan pikiran kita sendiri. salah satu yang menonjol yangdimiliki pikiran kita adalah mengalihkan bunyi-bunyi yang tidak kita kehendaki.
masalah bosan atau jemu
jemu biasanya timbul dalam situasi atau sedemikian rupa sehingga kita merasa dipaksa untuk memusatkan perhatian pada hal yang tidak kita inginkan, akibatnya pikiran kita melayang kemana-mana.
masalah lupa akan hal yang sudah didengar sebelumnya
lupa akan hal sudah kita dengar sebelumnya akan mendatangkan rasa malu dan kesulitan bagi kita dan waktu pembicara menjdi sia-sia. ada beberapa kiat yang dapat kita lakukan guna meningkatkan kemampuan pendengaran kita.
  • memotivasi diri sendiri
  • menyiapkan diri untuk mendengar
  • memilih kata-kata kunci
masalah bunyi-bunyi yang sama
masalah yang akan timbul adalah bagaimana kita mengikuti pembicaran orang lain atau percakapan orang lain, banyak yang tidak mengerti atau memahami inti pokok suatu percakapan karena ,kita enggan menegur pembicara yang suaranya terlalu pelan dan kurang jelas,karena tujuan pembicara adalah untuk menyampaikan informasi yang ia miliki kepada para maka teguran seperti itu akan sangat bermanfaat bagi maupun bagi pendengar.


Share |

2 komentar:

Indra online mengatakan...

makasih infonya

kaii mengatakan...

#indra online: sama sama makasih kembali mampir lagi mas
#Armoris: saya sudah berkunjung makasih infonya