Pages

Jumat, 31 Oktober 2008

Gurihnya Iklan dan Politik


Gurihnya iklan dan politik, ini era komunikasi modern. Iklan dan Politik segala sesuatunya dikemas mengikuti hukum budaya massa yang lebih menekankan aspek hiburan. Berita politik di media seolah jadi drama. Iklan dan orasi politik hanyalah janji-janji kosong.

Makin banyak iklan politik bermunculan, semakin tinggi kesadaran masyarakat bahwa mereka tak ingin sekedar memilih selebriti atau orang yang populer melalui iklan, masyarakat mulai sadar dan terus belajar dan sudah mulai cerdas. karena itu tak gampang lagi dikelabuhi kilau popularitas atau politisi yang menjadi populer melalui guyuran iklan televisi, semoga saja ada lembaga yang mengawasi iklan politik karena setiap iklan selalu menyembunyikan cacat produk, tak terkecuali iklan politik, dalam iklan politik citra seseorang dikemas sebaik-sebainya cacat dan segala kekurangan disembunyikan, jangan sampai masyarakat membeli kucing dalam karung. Mungkin demokrasi akan bergeser menjadi prktik demokrasi yang lebih subtansial yakni rakyat memilih orang berdasarkan track record atau rekam jejak ini juga warning bagi politisi yang hanya bermodal popularitas dan iklan. jangan merasa populer terus mau berkuasa seenaknya saja.

iklan dalam hal ini hanya:
1. menonjolkan nilai-nilai yang sebenarnya tidak penting
2. menurunkan standar etika karena terlalu sering melontarkan bujukan
3. mengacaukan dan melencengkan berita
4. menyurutkan kegiatan usaha karena menelan biaya terlalu banyak
5. memicu monopoli karena iklan cenderung digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar saja
apa sih manfaat iklan politik...?
Karena sifat dasarnya yang informatif-persuasif, periklanan dapat mengaktualisasikan makna kesejahteraan kepada masyarakat luas. Periklanan politik menyadarkan masyarakat bahwa ada hal-hal tertentu yang dapat membuat kualitas hidup mereka menjadi lebih baik atau lebih bermakna. Dia dapat menginformasikan adanya program yang khusus atau unik untuk suatu kebutuhan yang khusus atau unik pula. Juga mendorong masyarakat mencapai kualitas hidup yang lebih baik melalui contoh yang terkandung dalam pesan-pesan politik. Periklanan politik juga merangsang terjadinya persaingan antarpeserta yang menguntungkan masyarakat. Persaingan yang akan memicu diciptakannya program-program baru yang dibutuhkan masyarakat.

Iklan politik harus menjadi bagian dari pendidikan politik rakyat. Artinya, melalui informasi periklanan politik para pemilih seyogianya mengalami pencerahan sehingga menjadi konstituen yang cerdas dan mandiri. Maka, selain dituntut bersifat etis, iklan politik juga dituntut bersifat transparans dan demokratis.

saat pemuda bersatu reformasi ditegakkan,saat pemuda bersatu sesuatu besar menanti, semoga rakyat indonesia didadanya ada Pancasila dan di kaki tanganya ada Bhinneka Tunggal Ika karena. Pancasiala adalah harga mati, berbeda-beda itu adalah suatu kekuatan bukanlah suatu kelemahan, semoga ini adalah kontribusi bagi bangsa ini bukanlah dominasi tertentu.

Share |

4 komentar:

Anonim mengatakan...

yup betul.. dana kampenye yang sangat besar tidak mungkin balik modal dari gaji saja, pasti jika sudah menjabat cari jalan balik modal yang pintas, demi tuntutan balik modal..hehehe.. nice post gan.

kaiikoko mengatakan...

to Wins:.......setuju bos

Dias "Deeast" mengatakan...

iklan adl sekedar alat
smua shrsnya kmbli pada persepsi masing2.
kini saatnya yg muda berkarya, lbh cerdas, dan tnjukan dg kon3busi yg real.

kaiikoko mengatakan...

to Dias: setuju klo iklan hnya sbg instrumen