Pages

Minggu, 07 Desember 2008

Wisata Kota Ponorogo

Wisata kota Ponorogo, kota Ponorogo memberi hati memberi inspirasi. Wisata kota Ponorogo karena alam, adalah sumber inspirasi tiada henti siapa yang dapat menyarikan apa yang di berikan oleh Ibu pertiwi, ada banyak alasan untuk datang ke Ponorogo selain keramah-tamahan warga sekitar juga grebeg suro "grebeg" yang berarti perayaan pada bulan Suro atau dalam kalender islam berarti 1 Muharram ini diadakanya acara-acara ritual mulai dari jamasan benda-benda pusaka jaman peninggalan sejarah atau diadakanya seni kebudayaan reyog itu sendiri, sungguh suatu suasana kebudayaan yang memberi inspirasi yang dapat dinikmati oleh siapapun yang datang ke sini pasti merasa betah untuk berlama-lama. Ponorogo bisa dijadikan suatu wisata kota di Ponorogo, hal itu bisa memberikan konsep dan pandangan terkait konsep wisata kota di Ponorogo dengan mengekplorasi potensi wisatanya untuk menarik wisatawan domestik dan mancanegara, selain itu juga berbagi sarana komersial bisa dijadikan sebagai tempat wisata belanja.
Seni reyog Ponorogo adalah bentuk teater yang dilakukan sekelompok drama tari dengan berbagi karakter pelaku, sebuah kesenian tradisional khas daerah Ponorogo-Jawa Timur. yang sekarang berkembang keseluruh indonesia dan mancanegara, kesenian yang awalnya muncul sebagai salah satu bentuk upacara kepercayaan pada kekuatan gaib setempat. Seiring perubahan waktu dan unsur upacara berubah menjadi sebuah hiburan dan kesenian rakyat yang berkembang baik sesuai dengan dengan perkembangan jaman.
Bagi penyuka dunia traveling pasti pernah mendengar tentang Ponorogo atau membaca tentang Ponorogo dan Telaga Ngebel di Ponorogo. Telaga Ngebel yang masih perawan begitulah kira-kira mengenai Telaga Ngebel yang sejuk dan teduh, yang berada di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Berhamparkan air yang jernih nan tenang, telaga ini berhiaskan pohon-pohon tua di tepiannya. Indah, tentu saja. Dan ini bisa menjadi penawar lelah para wisatawan setelah 20 km dari pusat kota mereka melewati jalan berliku, naik-turun yang sangat indah untuk dinikmati, untuk menuju objek wisata ini.

Sembari menikmati pemandangan indah itu, angin gunung yang sejuk berhembus menelusup pori-pori. Berada di punggung Gunung Wilis, kawasan ini hampir setiap berselimut kabut. Pada pagi dan sore hari, gumpalan kabut ini akan menjadi pemandangan yang memesona. Saat itulah, gumpalan kabut itu menyentuh permukaan air telaga. ”Jika ingin melihat panorama Ngebel dengan pesona kabutnya, lihatlah pada pagi dan sore hari.
Pada saat itulah Ngebel punya pesona yang luar biasa. Telaga yang menjadi objek wisata andalan "kota reog" Ponorogo, bisa dikata masih perawan, betapa tidak, pembangunan sarana dan prasarana objek wisata ini masih sederhana Juga, di bibir telaga ini hanya ada sebuah bangunan kecil semacam pendopo, sebagai tempat prosesi larung sesaji, di kala bulan Suro tiba. Sepanjang bibir telaga ini hanya dipenuhi warung-warung tradisional yang terbuat dari gedhek (dinding bambu). Tapi, warung-warung itulah yang membuat Telaga Ngebel makin memesona dan alami untuk bisa bermalam di objek wisata ada hotel yang memadai. dan juga beberapa losmen sebagai tempat menginap. Selain itu Ponorogo juga mempunyai tempat wisata religi yaitu pondok Gontor yang sudah termasyur itu.

kota ponorogo ini merupakan kota lahirnya reyog yang indah. Kenapa indah sebab di sepanjang jalan dan perempatan jalan ataupun di setiap sudut-sudut kota terdapat simbol-simbol yang sungguh artistik. selain itu juga Ponorogo adalah kota yang besar tapi apabila grebeg suro tiba kota ini akan kecil karena seluruh warga masyarakat akan berkumpul di satu tempat untuk menikmati hiburan kesenian Reyog itu sendiri. (image post by:
http://flickr.com/)

Share |

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Gambar di atas, header mungkin, sepertinya apa di hutan kalimantan Ya? Soaolnya dulu pernah outbound di Sangkima Kaltim, ya kayak gitu kurang lebih pemdangannya, cuma tidak pas banjir.

kaiikoko mengatakan...

to Febri: makasih atas perhatianya, yang pasti itu bukan di Sangkima ato Taman nasional Kutai

RieyaAriq's mengatakan...

Ponorogo... jadi ingat temenku yang anak kyai dari ponorogo, sempat jatuh cinta ma dia, tapi sayang...bukan jodoh, lagian itu tahun 2000 lalu.

kaiikoko mengatakan...

Ank seorang Kyai....
hmhmhm... who is that?

Hakimtea mengatakan...

Makasih banyak informasi wisatanya. Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)